my photo

my photo
hy...... selamat datang di blog kartini andy maniago ..... semoga apa yang anda baca bermanfaat :)

uu

.

name

Kamis, 08 Maret 2012

Adab-adab Salam dalam Islam

As-Salam maknanya adalah keamanan yang sempurna dari khianat dan penipuan. Salam merupakan Tahiyat/ penghormatan bagi penghuni syurga, Allah berfirman:
"Salam penghormatan kepada mereka/orang-orang mukmin itu pada hari mereka menemui-Nya ialah: Salam."
>>Q.S. AL-Ahzab:44

Salam adalah cara untuk saling mencintai/al-mahabbah. sedangkan al-mahabbah merupakan jalan keimanan, dan iman adalah jalan menuju syurga.
Berikut ini adalah beberapa dari adab-adab dalam salam yang telah di ajarkan Nabi shalallahu'alaihiwassalam yang perlu kita perhatikan:

1. Bila seorang muslim mendapat ucapan salam, maka semestinya ia membalas ucapan salam tersebut dengan yang lebih baik dan lebih utama. Allah SWT berfirman:
"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu."
>>Q.S. An-Nisaa':86
Penghormatan dalam islam ialah dengan mengucapkan Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Mendahului mengucapakan salam adalah amalan sunnah yang utama dan membalasnya wajib. Karena itu Para ulama menyebutkan bahwa amalan sunnah yang lebih utama dari amalan yang wajib adalah memberi salam. Rasulullah saw bersabda:
"Seutama-utama manusia di sisi Allah adalah orang yang pertama memulai salam."
(HR. Abu Dawud dan Ahmad dengan sanad shahih)

3. Mengucapkan kepada semua kaum muslimin, baik yang telah di kenal maupun ayng belum di kenal.
Abdullah bin Amr radhiAllahu'anhu mengabarkan bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah saw, "Bimbingan Islam mana yang paling baik?" Beliau menjawab:
"Memberi makan dan mengucapkan salam terhadap orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal."
(Muttafaqun 'alaih)

4. Mengucapakn salam dan membalasnya adalah suatu amalan yang menjadi sebab tumbuhnya kecintaan diantara kaum muslimin di dunia dan di akhirat kelak mengantarkan ke dalam syurga. ^_^
Rasulullah saw bersabda:
"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk syurga sampai kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman sampai kalian saling mencintai, maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu, jika kalian melakukannya maka kalian akan saling mencintai?  Yaitu sebarkan salam di antara kalian."
(HR. Muslim)

5. Yang lebih utama untuk mengucapkan salam terlebih dahulu adalah seorang yang naik kendaraan kepada yang jalan kaki, yang jalan kaki kepada yang duduk dan ayng sedikit kepada yang banyak.
Rasulullah saw bersabda:
"Orang yang berkendaraan hendaknya memberi salam kepada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan hendaknya memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit memberi salam kepada orang yang banyak."
(Muttafaqun 'alaih)

6. Makruh memulai pembicaraan tanpa salam. Rasulullah saw bersabda:
"Barang siapa memulai pembicaraan sebelum salam, maka jangan kalian sambut." (Hadits dari Ibnu umar, diriwayatkan oleh Ibnu Sunni dalam 'amalul yaum wallailah, juga Abu Nu'aim dalam Al-Hilyah serta dihasankan oleh syaikh Al-Albani dalam AS-Silsilah Ash-Shahihah 816)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar